Motisakti

Motisakti

Senin, 29 Oktober 2012

Wah Kadarzi.....

Iseng otak-atik foto mengingatkanku pesan Kadarzi alias keluarga sadar gizi.... berikut adalah pesannya
1. menimbang berat badan anak secara teratur... eits jangan salah ini penting loh buat mengetahui perkembangan kondisi anak tiap bulannya karena pertambahan berat badan anak mencerminkan kesehatan anak... Berat badan anak naik (N), apabila a)Hasil penimbangan bulan ini sama atau lebih dari kenaikan berat badan minimum. b)Garis pertumbuhanya naik mengikuti salah satu pita warna c)Garis pertumbuhanya pindah ke pita warna berikutnya Anak sehat ditunjukan dengan grafik berat badan yang semakin meningkat sesuai dengan bertambahnya umur, apabila grafik berat badan anaknya tidak menunjukan peningkatan (mendatar/menurun), maka kesehatan dan makanan anak lebih diperhatikan, apabila grafik berat badan anak dibawah garis merah maka hal yang harus dilakukan adalah (Kemenkes RI, 2010). a)Anak segera dibawa ke Puskesmas/RS untuk diperiksa kesehatanya lebih lanjut. b)Bila anak berusia di bawah 24 bulan, tetap diberi ASI sesering mungkin tanpa dijadwal (pagi, siang, sore, malam) c)Diberikan makanan bergizi sesuai umur d)Anak ditimbang setiap bulan e)Untuk anak usia 6-9 bulan selain diberi ASI sesering mungkin tanpa dijadwal, juga diberi makanan pendamping ASI (MP-ASI) dalam bentuk lumat diberi secara bertahap 3 kali sehari sesuai umurnya.Jika berat badan anak tidak naik 2 kali berturut-turut atau di Bawah Garis Merah (BGM), anak perlu dirujuk ke Puskesmas (Kemenkes RI, 2010)
2. Air Susu Ibu (ASI) Ekslusif Pemberian ASI Ekslusif adalah pemberian ASI saja (bagi bayi sejak lahir sampai usia 6 bulan). Pentingnya ASI Eksklusif bukan hanya diatur lewat keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 450/Kemenkes/SK/IV/2004 Tentang Pemberian Air Susu Ibu Eksklusif pada bayi di Indonesia namun juga ada di Al-Qur'an loh "Hendaklah para ibumenyusui anak-anaknya selama dua tahun penuh yaitu bagi ingin menyempurnakan penyusuan" (Al- Baqarah:233).... Subhanallah ^^... Ini loh manfaat memberikan ASI bagi ibu (Kemenkes, 2010) : a)Mengurangi perdarahan setelah melahirkan b)Mencegah/mengurangi terjadinya anemia c)Menunda kembalinya kesuburan ibu sesudah melahirkan, sehingga dapat menjaga waktu hingga kehamilan berikutnya. d)Membantu rahim kembali ke ukuran semula e)Mempercepat langsing kembali f)Mengurangi kemungkinan menderita kanker ovarium, dan kanker payudara g)Lebih ekonomis karena tidak harus dibeli h)Tidak merepotkan dan hemat waktu
3. Makan Beraneka Ragam Makanan Maksudnya makanan kita terdiri dari karbohidrat, protein, vitamin, mineral, lemak.... karbohidrat bisa berasal dari beras,,umbi-umbian. Protein bisa berasal dari protein nabati yaitu kacang-kacangan dan protein hewani yaitu daging dan ikan. Vitamin dan mineral berasal dari buah dan sayur, air. Lemak tentunya berasal dari makanan seperti daging yang kita makan,, kacang juga mengandung lemak loh tapi lemak tidak jenuh. Sip dah ^^
4. Konsumsi Garam Beryodium Yodium adalah sejenis mineral yang terdapat di alam, baik di tanah maupun di air, merupakan zat gizi mikro yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan mahluk hidup. Dalam tubuh manusia Yodium diperlukan untuk membentuk Hormon Tiroksin yang berfungsi untuk mengatur pertumbuhan dan perkembangan termasuk kecerdasan mulai dari janin sampai dewasa (Kemenkes RI, 2010). Cara untuk memilih garam beryodium a)Pilihlah garam yang dikemas dan berlabel “Garam Beryodium”, ada, isi/berat kemasan, kandungan yodium 30-80 ppm, nama produsen. b)Pilihlah kemasan yang rapi dan tidak rusak. c)Pilihlah garam yang putih dan kering, tidak lembab atau basah. d)Beli sedikit dulu (kemasan kecil) untuk diuji di rumah (diuji dengan larutan iodida), kalau perlu beberapa merk, untuk pegangan dalam pembelian selanjutnya. e)Hindari memilih garam bata/briket apalagi yang tidak dikemas, kecuali telah anda uji pada setiap bagian (luar dan dalam) dan hasilnya cukup. f)Apabila sudah dilakukan uji terhadap merk tertentu, pembelian selanjutnya tidak perlu lagi dilakukan uji. g)Pilihlah kemasan kecil agar penyimpanan di rumah tidak terlalu lama, untuk menghindari proses pelembaban akibat terbukanya kemasan.
5. Suplemen Gizi (Vitamin A dan Zat Besi) Kegunaan vitamin A adalah (1)Meningkatkan kesehatan mata dan mencegah rabun senja (2)Meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan penyakit Vitamin A dapat diperoleh dari ASI dan makanan yang berasal dari bahan hewani (susu, daging, hati, telur) dan nabati ( sayuran hijau dan buah-buahan berwarna). Bagi bayi dan balita mendapatkan hak untuk menerima kapsul vitamin A yaitu pada bulan Februari dna Agustus. Jumlah yang dianjurkan untuk diberikan kapsul vitamin A menurut umur (1)Bayi berusia 6-11 bulan : satu kapsul vitamin A warna biru dengan dosis tinggi 100.000 SI (2)Balita 1-5 tahun : dua kapsul vitamin A warna merah setiap tahun dosis tinggi 200.000 SI, masing – masing satu kapsul diberikan pada bulan Februari dan Agustus. (3)Ibu nifas : dua kapsul vitamin A warna merah, satu kapsul dikonsumsi segera setelah melahirkan dan satu kapsul lagi dikonsumsi paling lambat 28 hari setelah 28 hari setelah melahirkan(Kemenkes 2010). Zat Besi Kegunaan dari zat besi adalah untuk pembentukan sel darah merah, karena itu bila orang kurang zat besi disebut kurang darah atau anemi gizi. Gejala anemi gizi adalah lelah, letih, lesu, lemah, lunglai, pucat dan pusing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jazakumullah khoir atas kritik dan sarannya... ^^