Motisakti

Motisakti

Rabu, 06 November 2013

Baiti jannati ^^

Subhanallah.... slogan yang indah ikhwah fillah!
Baiti jannati.... rumahku surgaku!
Untuk mewujudkan baiti jannati, maka sejak awal kita harus siap dengan prinsip membangun rumah tangga islami...
Bagimanakah rumah tangga islami itu, sedikit saya cuplik dari buku Pernak-pernik Rumah Tangga Islami karya Cahyadi Takariawan...
Rumah tangga islami adalah sebuah rumah tangga yang didirikan di atas landasan ibadah. Mereka bertemu dan berkumpul karena Allah, saling menasehati dalam kebenaran dan kesabaran, serta saling menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang mungkar, karena kecintaan mereka kepada Allah SWT.
Rumah tangga islami adalah rumah yang di dalamnya terdapat sakinah, mawadah, dan rahmah (perasaan tenang, cinta, dan kasih sayang). Perasaan ini senantiasa melingkupi suasana rumah setiap harinya.

Konsekuensi-konsekuensi rumah tangga islami
1.        Didirikan di atas landasan ibadah
Meluruskan niat sejak awal proses mencari jodoh, memilih jodoh, tentunya visi misi menikah, aqad nikah sampai walimah tetap dalam rangka ibadah dan jauh dari kemaksiatan. Mereka menempuh bahtera kehidupan yang dibangun dalam suasana ta'abudiyah (peribadatan) yang  jauh dari dominasi hawa nafsu.

2.        Terjadi internalisasi nilai-nilai islam secara kaffah
QS. Al-Baqarah : 208 (monggo buka Al- Qur'annya ^^)
Rumah tangga islami menyediakan sarana-sarana tarbiyah islamiyah yang memadai, agar proses belajar, menyerap nilai dan ilmu, sampai akhirnya aplikasi dalam kehidupan sehari-hari dapat terwujud.
3.        Terdapat qudwah yang nyata
Qudwah (keteladan) ini harus dimulai dari contoh nyata dan terdekat yaitu, orang tua, sebagai madrasah awal untuk anaknya, maka orang tua harus mampu mencontohkan keteladan yang ahsan kepada anaknya. (QS. Ash-Shaf : 3-4)
4.        Penempatan masing-masing anggota keluarga harus sesuai syariat
Perlu kesadaran akan hak dan kewajiban yang harus dilaksanakan sehingga dapat terciptanya keharmonisan dalam rumah tangga.
5.        Terbiasa tolong menolong dalam menegakkan adab-adab islam
Melakukan kebaikan sangatlah banyak godaannya, jika kita dapat menempatkan diri secara tepat, insya Allah ta'awun (saling tolong-menolong) dapat dilaksanakan dengan baik. (QS. Al-Maidah : 2)
6.        Rumah tangga harus kondusif bagi terlaksananya peraturan islam
Rumah adalah hal pokok dalam kehidupan kita, maka harus kita perhatikan dari segi pembangunannya, sekat-sekat dalam tiap ruangan, jarak 1 rumah dengan rumah lain, agar terminimalisir dari problema atau penyakit sosial.
7.        Tercukupinya kebutuhan materi secara wajar
Kita tak boleh menafikkan akan ke-urgent-an uang dalam mengatasi masalah rumah tangga, seperti diperlukannya uang untuk biaya pendidikan anak. 
8.        Menghindari hal-hal yang tidak sesuai dengan semangat islam
Kita harus memperhatikan barang-barang seperti perabotan, hiasan, aksesori rumah tangga yang tidak sesuai dengan syari'ah. Maksudnya barang-barang tersebut memang indah, tapi terkesan melenakan dan dikhawatirkan akan melupakan kita dari mengingat Allah. Contohnya, kita punya modem, maka sebaiknya digunakan dengan batas-batas tertentu yang lebih bermanfaat sehingga waktu yang hilang untuk berselancar pun penuh berkah dariNya. (QS. At- Tahrim : 6)
9.        Berperan dalam pembinaan masyarakat
Diperlukan sebuah upaya ishlahul mujtama' (pembinaan masyarakat) di sekitarnya menuju pemahaman yang benar tentang nilai-nilai islam yang shahih, untuk kemudian bersama-sama membina diri dan keluarga sesuai dengan arahan islam. (QS. An-Nahl : 125)
10.    Terbentengi dari pengaruh lingkungan yang buruk
Lingkungan tempat tinggal dan kondisi masyarakat berbeda-beda, tingkat pendidikan, dan pengaruh agama dalam kehiduapan tiap rumah tangga berbeda-beda, maka kita harus melakukan penyelamatan internal, agar tak larut dan hanyut dalam suasana jahiliyah atau yang bertentangan dengan prinsip pembangunan rumah tangga islami dari masyarakat di sekitarnya. (QS. Hud : 112-113).

Sedikit cuplikan dari buku Pernak-pernik Rumah Tangga Islami karya Cahyadi Takariawan, semoga bermanfaat...^^


Semoga kita bisa membangun rumah tangga islami full barokah.... aamiin ya Rabb.
Baiti jannnati ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jazakumullah khoir atas kritik dan sarannya... ^^