Motisakti

Motisakti

Rabu, 31 Oktober 2012

Melayani dengan Hati

"Melayani dengan Hati".... dari kalimatnya mirip ya dengan visi pelayanan Rumah Sakit.... yap mungkin nampaknya semacam itu.... Bagi saya itu juga merupakan prinsip hati yang akan saya bawa dalam kehidupan ini.... (insya Allah)... Masih segar dalam ingatan ketika dahulu Praktek Kerja Lapangan di Rumah Sakit... Jujur ya disana bebas tapi tanggung jawab karena memang kita sudah dianggap sebagai pegawai Rumah Sakit. Jadi ya terserah kita mau ngapain yang penting tugas kampus beres tugas kerja di RS beres dan ingat jaga sikap dan tanggungjawab... Hehehe serius amet.... Tugas kampus yang mewajibkan tiap mahasiswa untuk menangani kasus dalam lah yang membuat saya mau tidak mau belajar tentang apa penyakit calon pasien saya...cie...cie...udah kayak dokter aja.... Awal pernalan saya dengan adik SN (nama samaran) kala senja itu...hehehehe... gak nyangka awalnya tugas inilah yang membuat saya harus sering menjalin komunikasi dengan adik berumur 14 tahun ini,, saya masih ingat tubuh kecilnya itu harus bertarung dengan penyakit yang diberi nama sindrom nefrotik alias keadaan dimana ginjal mengalami kerusakan sehingga protein yang seharusnya disimpan keluar melalui urin... jadilah tubuhnya bengkak atau bahasa medisnya oedema...Sering terharu karena penyakit itu membuatnya sering bolak-balik RS gak tanggung-tanggung hampir setiap bulan dia keluar masuk RS.... Jujur saja,, saya sudah lupa kalau ini tugas... karena saya terlanjur sayang pada anak cantik ini.... dengan melibatkan hati saya menengok sekedar memberi motivasi,, mengontrol makanannya dia yang kadang meningkat kadang menurun.,, dan mengecek perkembangan kesehatannya yang tentunya mampu berpengaruh terhadap diit yang akan diterapkan untuknya....Anak ini dan keluarganya (ayah, ibu, bahkan neneknya) sudah seperti keluarga kedua saya di purwokerto... Suster Hari... begitulah dia dan keluarganya memanggil saya,,, mereka sungguh ramah dan tak risih kalau setiap hari saya ganggu dengan pertanyaan bagaimana tadi makannya dihabiskan tidak,, bagaimana rasanya apa yang sakit,,, dan mereka juga merasa senang ketika sosokku membawa makanan khusus untuk dik SN.... Rasa senang sekali melakukan semua itu dengan hati bukan dengan terpaksa.... sudah jadi kewajiban kita loh sebagai tenaga kesehatan untuk membuat setiap pasien ataupun klien nyaman... itu kunci kesehatan mereka,,, dengan begitu mereka mau minum obat,, mau makan,, merasa sehat,,, merasa ada yang mendampingi,, merasa gak sendiri :) Itulah yang membuat saya bahagia mengunjungi dik SN dan juga pasien lain yang memang menjadi jatah kerja saya.... Saking sayangnya saya sampai membuatkan persiapan kecil untuk memotivasi dia,, kala saya tahu dia gak mau makan dan kondisinya drop... ini coretan kecil waktu itu.... meski gambarnya jelek tapi sepenuh hati loh membuatnya ^^
Dan inilah yang membuat saya jatuh hati untuk menjadi ahli gizi Rumah Sakit... karena di Rumah Sakit saya bukan saja berkutit di ruangan tapi juga bersosial dengan pasien,, tersenyum,, memotivasi,, mengunjungi mereka adalah sesuatu yang membuat hati bahagia... cobalah teman-teman rasakan,, apa yang akan terjadi pada hati kalian ketika orang lain tersenyum mesra kepada kalian...bukankah hati kalian akan melayang akan bahagia.... dan merasa aku gak sendiri kok... itulah kenapa saya suka kerja di Rumah Sakit... dan itulah mengapa kita perlu melayani dengan hati... karena ketulusan akan membuat segalanya menjadi indah... ^^...seperti ketulusan awan menjadi hujan hingga bumi kering menjadi subur dan langit menjadi cantik karena bias warna pelangi.... Makasih ALLAH ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jazakumullah khoir atas kritik dan sarannya... ^^